Logo atau lambang dari sebuah
produk merupakan suatu hal penting bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnis
dari perusahaan tersebut. Mereka berusaha membuat suatu logo dengan desain yang
unik dan mudah diingat agar dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk
yang ditawarkan.
Tak banyak dari
perusahaan-perusahaan ini membuat sebuah
logo dengan konsep yang tidak terpikirkan sama sekali bahkan tidak masuk akal bagi
orang yang melihat logo tersebut. Tapi dengan adanya logo yang unik dan tidak
masuk akal ini, justru memberikan suatu identitas atau suatu ciri terhadap beberapa
perusahaan.
Seperti hal nya pada suatu
perusahaan produsen kebutuhan olahraga “NIKE”, mereka membuat logo yang sangat
unik yaitu berupa tanda centang atau checklist . Meskipun sudah berevolusi
selama bertahun-tahun, tetapi perusahaan ini tetap memegang prinsipnya untuk
mempertahankan desain logo berbentuk tanda centang atau checklist tersebut.
Gambar Nike yang terinspirasi dari dewi nike
yaitu dewi kemenangan dan keberhasilan, memberikan semangat yang besar untuk
perusahaan sepatu terbesar ini. Dengan arti tersebut, Philip Knight pemilik dan
pendiri perusahaan menginginkan agar Nike bisa berhasil dan memberikan
kemenangan pada semua orang. Gambar nike dengan tanda centang di buat oleh
desain grafisnya yang memberikan arti sebuah kecepatan dan gerakan. NIKE juga memiliki slogan 'Just Do It' berarti lakukanlah yang memberikan dampak
luar biasa. Knight berharap perusahaan yang dirintisnya dari sesuatu yang
sederhana dapat menjadi perusahaan besar dan tidak lupa akan kesederhanaan.
NIKE berhasil membuat suatu logo yang mudah dikenali. Tanpa
tulisan nike sekalipun, hanya dengan melihat logo centang maka orang-orang akan
teringat dengan produknya.
Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan jika logo merupakan
suatu elemen penting bagi perusahaan dan dapat membawa efek positif terhadap
perkembangan perusahaan tersebut. Jangan melihat sebuah logo dari kesederhanaan
maupun bagus atau tidaknya suatu logo, karena dari kesederhanaan itu dapat
menghasilkan nilai lebih bagi suatu produk. Logo juga dapat menyampaikan sebuah pesan kepada konsumen melalui arti dan makna dari logo tersebut.
Referensi
:
Os, Panbran. “Pentingnya Logo bagi
Bisnis atau Perusahaan Anda”. 25 September 2016. http://www.tipsmu-tipsku.com/2013/08/pentingnya-logo-bisnis-atau-perusahaan.html
Dewi, Andi Rosita. “Arti logo Nike dan
perjuangan pendirinya berjualan sepatu keliling”. 25 September 2016. https://www.brilio.net/news/arti-logo-nike-dan-perjuangan-pendirinya-berjualan-sepatu-keliling-logo-nike-150430i.html
Komentar
Posting Komentar